Menggolongkan kode-kode jahat

Virus merupakan salah satu anggota dari geng malicious codes atau malcodes (kode-kode jahat). Kenapa banyak orang lebih suka menggunakan istilah virus--bisa jadi itu hanya karena kebiasaan yang beredar di masyarakat. Malicious codes sendiri sebenarnya dibagi menjadi tiga kelas--virus, worm, dan Trojan Horse.

Virus
Virus merupakan sekumpulan kode yang bisa masuk ke dalam sistem komputer dan mengambil alih kontrol sistem tanpa sepengetahuan si pemilik. Virus terbilang berbahaya, ia bisa mereplikasi dirinya sendiri. Virus yang sederhana bisa membuat salinan dirinya sendiri berkali-kali. Yang perlu diingat, bahkan virus paling sederhana pun bisa berbahaya karena virus bisa memakan memori komputer dan menyebabkan sistem hang. Virus bisa mengirimkan dirinya sendiri melalui jaringan dan menembus sistem keamanan. Ia bisa mengubah struktur internal kode program dalam komputer korban. Dengan kemampuan jahat seperti itu, program virus bisa memaksa targetnya untuk melakukan kehendak si pencipta virus.
Bagaimana ciri komputer yang terserang virus? Gejalanya bisa berbeda-beda, tergantung jenis virus yang menyerang sistem. Ada virus yang merusak tampilan display, menghapus memori, atau ada juga yang merusak
data-data dalam hard disk. Ada beberapa jenis virus--virus boot, virus file, virus multipartite, dan virus makro. Virus boot menyerang boot sector, virus file menyerang program-program yang bisa dieksekusi, virus multipartite menyerang boot sector dan executable file, sedangkan virus makro menyerang file-file dokumen Microsoft Excel dan Word.

Worm
Banyak orang sering bingung untuk membedakan antara virus dan worm. Worm merupakan program yang bisa mereplikasi dirinya sendiri, namun tidak bisa menempelkan dirinya ke program lain untuk mengubah program tersebut. Worm hanya meng-copy dirinya ke memori komputer. Berbeda dengan virus, worm tidak menginfeksi kode korbannya. Worm bisa memakan alokasi memori pada sistem dan terkadang bisa membuat sistem mati (shut down) dengan sendirinya. Yang banyak beredar melalui Internet belakangan ini adalah klan malcodes jenis worm.

Trojan Horse
Trojan Horse merupakan anggota geng yang tidak bisa memproduksi dirinya sendiri. Meski begitu, Trojan tergolong berbahaya. Istilah Trojan berasal dari cerita perang Troya. Dalam cerita tersebut, pasukan Yunani berperang dengan penduduk Troya untuk merebut kembali Putri Helena yang cantik dari tangan Paris, Pangeran Troya yang tampan.
Di bawah pimpinan panglima perang Achilles, pasukan Yunani memasuki kota Troya dalam sebuah patung kuda raksasa. Sejumlah besar prajurit Yunani bersembunyi dalam patung tersebut. Setelah patung berada dalam kota Troya, sepasukan besar tentara Yunani keluar dari patung, dan pertempuran sengit pun tak terelakkan. Kota Troya pun berhasil ditaklukkan oleh tentara Yunani.
Penampilan Trojan Horse, sama seperti patung kuda yang memasuki kota Troya, terkesan tidak berbahaya. Namun tingkat kerusakan yang diakibatkannya bisa jadi cukup fatal. Umumnya, Trojan berada dalam sebuah program lain, sebagai bawaan dari sebuah program utility.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal URL, sebaris alamat Internet

Menghubungkan dua gedung

Mencari informasi di dunia Wiki