Mencari informasi di dunia Wiki


Semua orang tahu bahwa Google adalah mesin pencari yang amat hebat. Apa saja bisa ditemukan olehnya selama Anda bisa mencarinya. Tetapi kekurangannya adalah masalah hasil pencariannya. Bukannya sedikit, tetapi terlalu banyak dan terlalu umum. Urusan memilah-milahnya inilah yang melelahkan.
Tapi kalau untuk mencari informasi yang lebih mendalam mengenai topik tertentu, kenapa tidak mencoba Wikipedia?
Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, ada daerah aneh dari dunia maya yang bernama komunitas Wiki-Wiki Web. Disebut aneh karena di sini kita sebagai pengunjung diijinkan untuk ikut serta mengedit, mengubah dan menyusun halaman Web.
Disebutkan juga bahwa Wiki Web yang paling populer saat ini adalah Wikipedia. Di sini para anggota komunitas bersama-sama membangun sebuah ensiklopedia raksasa berisi berbagai topik dan dalam berbagai bahasa. Sebuah proyek yang ambisius yang hanya bisa dilakukan bersama-sama oleh anggota masyarakat dunia maya di seluruh dunia.
Tetapi hasilnya juga amatlah luar biasa. Anda bisa mencari hampir topik apa saja. Dan jika ternyata tidak ditemukan, tambahkanlah sendiri topik tersebut untuk memperkaya materi Wikipedia.
Lalu bagaimanakah kita bisa memanfaatkan isi Wikipedia tersebut?

Cari dan temukan
Pada setiap halaman Wikipedia, terdapat sebuah kotak kecil di sebelah kiri yang berfungsi untuk mencari topik tertentu. Kotak isian tersebut selalu ditemani oleh sebuah tombol yang bernama Go.
Cara penggunaannya sebetulnya sangatlah sederhana. Persis sama dengan menggunakan search engine biasa. Tetapi untuk mengoptimalkan hasil pencarian, silakan ikuti beberapa tips berikut ini:
  1. Hindari penggunaan kata-kata yang pendek dan terlalu umum. Karena tipe kata-kata seperti inilah yang biasanya akan menyebabkan terjadinya kegagalan pencarian. Hal ini disebabkan karena pencarian pada Wiki akan dihentikan jika hasilnya terlalu banyak untuk menghindari crash pada server-nya. Anda bisa bayangkan bukan berapa banyak kata the atau an pada sebuah ensiklopedia. Kata-kata lain yang termasuk pada kategori ini antara lain: one, your, more, right, while, when, who, which, such, every, about, dan onto. Selain itu, angka kecil juga harus dihindari. Buang saja semuanya dan ulangi lagi proses pencariannya.
  2. Sifat pencarian adalah case-insensitive. Maksudnya, kata kunci sepatu, Sepatu, dan SEPATU akan memberikan hasil yang sama.
  3. Pencarian menggunakan karakter Boolean. Pada pencarian yang lumayan rumit, gunakan karakter Boolean yang terdiri dari and, or, dan not. Tanpa kata-kata tersebut dianggap pencarian menggunakan and. Contoh: dengan kata kunci susu not sapi akan memberikan hasil semua artikel dengan kata susu tetapi tidak ada kata sapi. Kata kunci (Sapi or Kambing) and Susu akan membawa artikel yang mengandung kata susu dan salah satu dari sapi atau kambing.
  4. Tidak bisa menggunakan tanda baca ataupun wildcard seperti "?" atau "*"
  5. Untuk kata-kata dengan karakter khusus yang biasanya jarang terdapat pada bahasa Inggris (apalagi Indonesia) seperti Sint Odili‘nberg, pencarian bisa "diakali" dengan menggunakan kata kunci yang sama tetapi tanpa karakter khusus tersebut seperti Odilienberg. Atau gunakan potongan kata Odili dan nberg.
  6. Kata-kata dengan tanda kutip tunggal seperti Mu'ammar biasanya akan menimbulkan kebingungan dan sebaiknya dicari sebagai suatu kesatuan yang utuh. Pengecualian berlaku jika tanda kutip tunggal tersebut berada di akhir kata dan diikuti dengan huruf s (seperti pada singkatan untuk is atau untuk menunjukkan kepemilikan) yang bisa dicari tanpa menyertakan tanda kutip tunggal tersebut.
  7. Pencarian juga dilakukan pada wikitext (semacam source code versi teks yang terdapat di edit box. Tujuannya adalah untuk menemukan berbagai link yang berkaitan dengan artikel tersebut dan juga karakter khusus yang terdapat di dalamnya.
  8. Dengan pertimbangan efisiensi dan prioritas, sistem pencarian sengaja memberikan penundaan pada peng-update-an indeks pencarian. Dengan begini, hasil perubahan terakhir pada topik tertentu tidak selalu tampak pada hasil pencarian. Hal ini wajar saja mengingat sifat dasar Wiki yang bisa diubah-ubah kapan saja oleh siapa saja.

Ke mana Lara Croft?
Untuk yang sama sekali tidak tahu siapa itu Lara, “Ke mane aje ente?!”. Anyway, kali ini dia memang tidak ikutan tampil, hanya judul petualangannya saja yang dipinjam, walaupun tidak sepenuhnya sama.
Tome Raider (mirip ‘kan?) adalah nama format di mana beberapa Wikipedia bisa diakses secara offline untuk mempermudah pencarian data. Dia tersedia untuk berbagai platform seperti Pocket PC, Palm OS atau EPOC pada perangkat genggam dan juga Windows pada PC.
Semua artikel disimpan dalam sebuah database yang bisa diinstal di sembarang PC. Pencarian artikel nantinya akan mengacu pada database tersebut. Meskipun demikian, semua informasi meta seperti halaman pengguna, kapan data di-upload, diskusi seputar artikel tersebut, dan lain sebagainya tidak ikut disertakan dalam database tersebut untuk memperkecil ukuran file. Anda yang memiliki PDA pasti tahu betapa mahalnya space penyimpanan yang biasanya pas-pasan tersebut. Nasib yang sama juga menimpa file gambar dan suara. Sedangkan untuk rumus-rumus dengan format TeX akan digantikan dengan kode TeX dan tidak akan diubah sebagai HTML pada versi Pocket PC.
Dengan semua penghematan tersebut, ukuran Wikipedia bahasa Inggris bisa diciutkan sehingga mencapai kira-kira 180MB meskipun sebetulnya mengandung informasi berupa teks yang ukurannya lebih besar dari 390MB.
Saat ini ada enam database yang tersedia untuk di-download. Mereka adalah:
  • English Wikipedia (188MB)
  • German Wikipedia (38MB)
  • French Wikipedia (18MB)
  • Dutch Wikipedia (13,5MB)
  • Esperanto Wikipedia (5,5MB)
Semuanya adalah versi update tanggal 5 Desember 2003. Ditambah dengan satu Demo database (140KB) yang berisi beberapa halaman dari English Wikipedia.
Yang harus diperhatikan, file TomeRaider khusus dibuat dalam berbagai versi untuk platform tertentu yang didukungnya. Setiap versi memiliki perbedaan mendasar.
Berikut adalah keterangan lebih detailnya:
Dengan kode (P)PC adalah versi yang dibuat untuk Windows dan Pocket PC. Versi ini sudah mendukung HTML dan tampilannya hampir sama dengan versi online Wikipedia. Pada update terakhir bulan Desember 2003 ditambahkan dukungan untuk TeX dan Unicode.
Yang ada kode Palm adalah TomeRaider untuk Palm yang belum mendukung HTML. Diharapkan akan disempurnakan pada versi 3-nya nanti. Sebagai konsekuensinya, artikel-artikel tampil dengan pengeditan dasar saja dan bentuknya agak kurang indah. Apalagi untuk tabel yang rumit. Semua file sudah ditransfer dalam format PDB.
EPOC –yang pengeditannya kira-kira berada pada level yang sama dengan versi Palm.

Fungsi Pencarian Pada Wikipedia
Semua file tersebut bisa didapatkan di sini. Jika Anda berminat untuk mendapatkan versi lengkap Wikipedia, edisi bahasa Inggrisnya saja berukuran 14,828 Megabyte termasuk 501 Megabyte edisi revisi terakhir saat ini. Untuk yang sudah sadar, ukuran tersebut adalah 14,8Gigabyte. Dengan koneksi yang tercepat yang ada saat ini yaitu 50,000bps, maka dibutuhkan kira-kira 29 hari untuk men-download semuanya. Dan jika modem Anda adalah dial-up v.90, pada kondisi puncaknya Anda perlu sekitar 500 tahun! Itu kalau kita berasumsi bahwa kondisi jaringan telepon sangat baik dan Anda online terus. (hr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal URL, sebaris alamat Internet

Menghubungkan dua gedung

Lebih lanjut tentang Sistem Operasi