X48, chipset terbaru dari Intel


Belum lama Intel memperkenalkan chipset terbaru, Intel X38. Kini telah hadir meramaikan pilihan chipset motherboard dengan LGA775, Intel X48.
Sebetulnya informasi kehadiran chipset baru ini sudah mulai terdengar sejak akhir tahun 2007 yang lalu. Informasi ini juga kami dapatkan pada saat diperkenalkan chipset Intel X38 di penghujung tahun yang lalu, beberapa sumber sudah menyampaikan hal ini. Bahkan beberapa perwakilan dari produsen pabrikan komponen ternama juga sudah memberikan informasi tentang akan hadirnya Intel X48 ini. Hampir secara tidak langsung menyatakan bahwa untuk kalangan antusias lebih baik menunggu kehadiran chipset Intel X48. Benarkah demikian?

Sekilas tentang Chipset Intel X38
Pada saat diluncurkan chipset Intel X38, tidak dirasakan banyak pengembangan, jika membandingkan dengan pendahulunya chipset Intel P35. Namun di sisi positifnya, para penggemar produk-produk dari Intel, sudah merasakan ketepatan waktu rilis produk, seusai dengan roadmap dari Intel. Sayangnya, hal tersebut tidak diikuti dengan peningkatan kinerja, yang tentunya diharapkan oleh penggunanya. Dibandingkan dengan chipset pendahulu Intel P35, tidak terlalu signifikan.

Seperti digunakannya slot PCI Express 2.0 yang salah satunya memungkinkan penggunaal true dual PCI Express x16. Sekilas, tentunya hal ini cukup menjanjikan. Namun keadaan perkembangan GPU terkini, kurang menguntungkan hal ini. Dengan hanya mendukung penggunaan multi-video card dengan konfigurasi CrossFire dari ATI, peningkatan kinerja yang dirasakan kurang maksimal. Hal ini disebabkan posisi sementara kinerja yang mampu ditunjukkan GPU dari ATI kurang menggembirakan, jika dibandingkan dengan apa yang mampu dilakukan oleh nVIDIA. Menggunakan konfigurasi CrossFire dua buah video card dengan GPU AMD-ATI HD 2900XT belum sebanding dengan menggunakan konfigurasi SLI dua buah 8800GTX.
Sedikit banyak hal ini yang membuat kehadiran motherboard dengan chipset Intel X38 tidak serta merta langsung disambut dengan hangat, khususnya oleh kalangan enthusiast. Dan tidak berselang lama, kembali hadir motherboard dengan chipset terbaru, Intel X48.

Chipset Intel X48, Update dari Chipset Intel X38?
Mengamati kehadiran chipset Intel X48 kali ini cukup menarik. Berbagai kalangan berpendapat bahwa chipset Intel kali ini bukanlah sebuah chipset yang benar-benar baru dibandingkan dengan pendahulunya. Lebih tepat jika chipset Intel X48 adalah versi upgrade dari chipset Intel X38. Dan sedikit banyak kami memang sependapat dengan pernyataan tersebut.
Yang menarik adalah hal semacam ini jarang terjadi pada urutan rilis dari Intel. Di mana chipset dengan segmentasi high-end seperti ini mengalami pemabaharuan yang cukup sering dalam jangka waktu cukup berdekatan. Sebagai informasi, Intel X38 sendiri diluncurkan pada Q4 tahun 2007 yang lalu. Sedangkan, Intel X48 meski sampai dengan tulisan ini diturunkan, informasi lengkapnya belum tersedia pada situs resmi Intel, namun sudah cukup banyak produsen motherboard ternama yang sudah memproduksi motherboard dengan chipset ini. Bahkan Anda pun sudah dapat menemukannya di pasar Indonesia.
Dan sepanjang pengujian yang dilakukan, beberapa pendapat tersebut memang terbukti cukup beralasan. Kami tidak melihat sebuah kemajuan yang cukup signifikan dengan motherboard yang menggunakan chipset Intel terbaru ini. Dan motherboard dengan chipset Intel X38 dibandingkan dengan motherboard berchipset Intel X48 memiliki selisih harga yang cukup bersaing. Mana yang Anda pilih? Agaknya jawabannya sudah cukup jelas.
Jika Anda berniat memilih motherboard di antara kedua chipset tersebut, chipset Intel X48 pilihan yang lebih ideal. Jika Anda sudah terlanjur memiliki motherboard dengan chipset Intel X38, perlu meng-upgrade ke chipset Intel X48 hanya untuk dukungan FSB 1600 MHz yang belum ditawarkan secara native oleh Intel X38.

Intel X48 Lebih Baik Dibanding Intel X38?
Jika pertanyaan tersebut lebih mengarah kinerja yang ditunjukkan, maka jawabannya adalah tidak. Setidaknya tidak terlihat secara signifikan. Kecuali Anda membandingkan kinerja yang ditunjukkan motherboard dengan chipset X38 yang masih menggunakan DDR2.
Membandingkan kinerja chipset Intel X38 dan Intel X48 dengan modul RAM DDR3 terlihat perbedaan kinerja yang bersaing ketat. Kecuali di masa mendatang ada pengembangan BIOS ataupun driver untuk motherboard dengan chipset X48, agaknya hanya peningkatan itu yang akan didapatkan.
Sedangkan, untuk fitur yang ditawarkan keduanya sangat mirip. Kecuali pada dukungan eksklusif hanya untuk RAM DDR3 dan dimungkinkannya untuk mengoptimalkannya dengan XMP technology. Juga tentunya pada dukungan FSB 1600 MHz yang dimiliki oleh chipset Intel X48. Meskipun beberapa produsen juga menawarkan motherboard dengan chipset Intel X38 dengan maksimum FSB 1600 MHz, namun perlu diingat, hal tersebut dalam kondisi ter-overclock.
Setidaknya hal ini dapat disimpulkan motherboard dengan chipset Intel X48 akan memberikan peluang overclocking yang lebih baik.

Intel QX9770
Processor Intel QX9770 bisa jadi adalah salah satu alasan utama Anda akan membutuhkan motherboard dengan chipset Intel terbaru tersebut. Dibandingkan dari Intel Core 2 Extreme QX9650, dengan FSB masih 1333 MHz, processor terbaru ini sudah menggunakan FSB 1600 MHz. Processor Intel QX9770 ini sendiri merupakan processor kedua dari generasi Penryn, dengan teknologi proses 45 nm. (hr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal URL, sebaris alamat Internet

Menghubungkan dua gedung

Mencari informasi di dunia Wiki