AMD Spider


AMD memperkenalkan platform baru untuk kalangan enthusiast, dengan sebutan Spider. Apakah Spider itu? Spider adalah platform yang pantas disebut sebagai All AMD platform. Menggunakan tiga komponen wajib: AMD Phenom, chipset AMD 7 series, dan graphic controller dari AMD-ATI Radeon.
Ia juga sarat dengan dukungan teknologi terkini. Sebut saja seperti ATI PowerPlay, Cool’n’Quiet 2.0, DirectX 10.1, HyperTransport 3.0, dan PCI Express 2.0. Memang benar jika fitur dan teknologi tersebut belum sepenuhnya dibutuhkan oleh semua kalangan. Itu sebabnya saat peluncuran AMD Spider ini lebih ditujukan untuk kalangan enthusiast.

AMD Phenom
Menggunakan processor desktop AMD Phenom quad-core, dengan desain quad-core processor dalam satu die. Bukan dua die dual-core yang digabung dalam satu kemasan CPU. Menurut AMD, design ini menjanjikan performa yang lebih baik, meski diakui membutuhkan ongkos produksi yang lebih besar dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dalam produksi. Hal ini sedikit banyak membuat AMD memiliki beberapa keterbatasan, antara lain dalam menghadirkan CPU dengan clock tinggi. Terlihat dari jajaran processor AMD Phenom yang diperkenalkan untuk tahap awal. Tersedia hanya dengan clock 2,2 GHz (AMD Phenom 9500) dan 2,3 GHz (AMD Phenom 9600). Namun, AMD menjanjikan clock hingga 3 GHz bahkan lebih kelak.
AMD Phenom juga memiliki beragam fitur yang menjanjikan. Sebut saja seperti digunakannya 2MB L3 cache shared (total untuk keempat core). Memory controller Phenom mendukung PC2-8500 (DDR2 1066 MHz), meski standardisasi memory DDR2-1066 ini masih menunggu persetujuan dari JEDEC.
Dipersenjatai 128-bit floating point units (FPU), peningkatan branch prediction, dan SSE4A. Penggunaan HyperTransport 3.0 pada Phenom menjanjikan bandwidth dua kali lipatdibandingkan HT 2.0. Dengan catatan khusus, hal ini hanya akan dapat dioptimalkan menggunakan motherboard yang sudah mendukung HT3.0. Namun, Phenom juga memiliki backward compatibility dengan HT 2.0.
Phenom masih menggunakan socketAM2. Namun, AMD tetap menganjurkan untuk menggunakan motherboard socket AM2+, dengan dukungan yang jauh lebih baik. Seperti antara lain HT 3.0 dan split voltages untuk masing-masing core.
Rencananya Phenom akan menjadi processor desktop 65 nm terakhir dari AMD. Di tahun selanjutnya, akan hadir Star 45, dengan proses teknologi 45 nm sebelum akhirnya AMD akan memperke¬nalkan Fusion, dengan core design yang benar-benar baru dan penggabungan GPU dalam die CPU.

Tiga komponen utama AMD Spider
Chipset AMD 7-Series
Keberadaannya tidak hanya untuk mendukung processor baru. Chipset ini juga dipersenjatai teknologi dan feature terbaru. Seperti dukungan chipset AMD 7-Series dengan HT 3.0 dan PCI Express 2.0. Bahkan dimungkinkannya terpasang dengan maksimal empat graphic card. Jadi, jika masih memimpikan bermain Microsoft Flight Simulator dengan 8 monitor sekaligus, AMD 7-series dapat mewujudkannya.
ChipsetAMD 7-Series diperkenalkan dengan tiga varian. Sebagai andalan adalah AMD 790FX yang ditargetkan untuk kalangan enthusiast dan overclocker. AMD 7-Seriesjuga merupakan chipset pertama yang diproduksi dengan proses berteknologi 65 nm. Hal ni memungkinkan chispet ini memiliki TDP yang rendah.

ATI Radeon HD 3800 Series
Jajaran video card baru, ATi Radeon HD 3800 series adalah video card dengan GPU AT RV670. Dengan architecture yang mirip dengan R600 architecture pada Radeon HD 2900 XT. GPU terbaru ini diproduksi dengan proses teknologi 55 nm. RV670 ini menjadi graphic controller pertama yang sudah mendukung DirectX 10.1. Meski perlu diketahui, DirectX 10.1 baru akan tersedia pada Windows Vista Service Pack 1 yang diperkirakan pada pertengahan 2008.
ATi mulai menggunakan aturan penamaan yang digunakan AMD. Meninggalkan penambahan istilah di bagian belakang, seperti XT, Pro, dan GT. Angka pertama menyatakan generasi dan angka kedua menyatakan seri/family. Dua angka terakhir sesuai dengan GPU clock. Sebagai catatan, xx5O akan setara dengan PRO dan xx70 setara dengan XT pada penamaan terdahulu.
RV670 memiliki jumlah stream processor, texture unit, dan ROP yang sama dengan R600. Awalan RV adalah produk segmentasi value dari ATi. Dibandingkan R600 yang menggunakan 512-bit memory, RV670 menggunakan 256-bit memory.
ATi Radeon HD 3870 and 3850 adalah dua video card yang diperkenalkan kali ini. Perbedaan keduanya pada clock speed dan jumlah memory yang digunakan.
Fitur ATi PowerPlay memungkinkan GPU mengoptimalkan konsumsi daya. Tidak hanya dalam keadaan idle, ia memungkinkan video card ATi Radeon HD 3800 Series untuk mematikan beberapa fungsi spesifik yang tidak diperlukan di saat beraksi.

Masa Depan AMD Spider
Menurut kami, AMD Spider tidak lebih dari sebuah penamaan platform untuk keperluan marketing, seperti yang telah dilakukan pesaingnya. Dengan tren pasar PC yang berubah dari dominasi desktop ke PC dengan mobilitas yang lebih baik. Akankah AMD Spider dapat diterapkan? Atau AMD akan membuat sebuah platform baru yang lain?
Seberapa besar AMD Spider dapat diserap end-user? Perlu dilihat seberapa fleksibel scalability untuk platform baru ini. Dan seberapa besar ketersediaan yang dapat dipasarkan. Tentunya juga tidak ketinggalan strategi marketing yang akan dilakukan untuk mendukung platform baru ini. (hr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal URL, sebaris alamat Internet

Menghubungkan dua gedung

Lebih lanjut tentang Sistem Operasi