Mengenal Motherboard


Motherboard adalah papan induk di mana seluruh komponen PC terhubung. Dalam komponen PC, motherboard juga sering disebut sebagai mainboard. Juga ada beberapa istilah lain yang menyebutnya, seperti mobo atau singkatan MB. Tugasnya pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Mulai dari CPU/prosesor, RAM, video card, harddisk, dan seterusnya. Pada motherboard, terdapat BIOS (Basic Input/Output System), yang akan di-loading kali pertama sistem menyala. BIOS mendefinisikan komponen yang terhubung dengan motherboard.

Apa yang membuat motherboard berbeda satu dengan yang lain?
Sebelum membuat pilihan untuk sebuah motherboard, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dari sebuah motherboard.

CPU Socket
Pertama adalah menentukan CPU yang akan digunakan. Ini akan sangat mempengaruhi pilihan motherboard yang akan digunakan. Baik AMD maupun Intel menggunakan susunan pin yang berbeda-beda prosesornya. Pada motherboard, istilah ini biasanya dikenal dengan sebutan AMD platform ataupun Intel platform. Kedua platform tersebut utamanya akan membedakan socket prosesor yang digunakan. Untuk sekarang, AMD menggunakan socket 754, 939 dan AM2 untuk prosesor desktop-nya. Sedangkan, Intel menggunakan LGA775.

Chipset
Chipset juga merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan dari sebuah motherboard. Dan chipset akan sangat menentukan dukungan fitur dan fasilitas yang dapat dimungkinkan oleh motherboard. Sebab pada chipset akan menentukan dukungan seperti penggunaan tipe prosesor, modul RAM yang digunakan, ketersediaan dukungan integrated graphic controller, bus link untuk graphic card, dan seterusnya.
Pada sebagian motherboard juga menggunakan skenario klasik, dengan menggunakan dua buah chipset, northbridge dan southbrige. Jika northbridge lebih menentukan dukungan untuk CPU, RAM dan bus. Termasuk dukungan untuk digunakannya dual VGA, baik dengan CrossFire maupun SLI. Begitu pentingnya peran chipset, sehingga bisa dianggap pilihan chipset adalah pilihan terpenting kedua setelah memilih platform prosesor yang akan digunakan. Karena chipset adalah bagian yang terintegrasi dengan motherboard, maka tidak mungkin melakukan upgrade chipset tanpa mengganti motherboard secara keseluruhan.
Southbridge melayani kebutuhan I/O seperti untuk storage, USB, dan seterusnya. Beberapa dilengkapi dengan controller tambahan untuk dukungan penggunaan RAID, firewire, dan lain-lain. Produsen chipset memiliki pendekatan yang berbeda untuk hal ini.

Form Factor
Ukuran sebuah motherboard juga berbeda-beda. Untungnya, untuk hal ini produsen motherboard mengikuti aturan form factor. Sehingga meskipun ukurannya mungkin saja berbeda, namun ada standar yang harus diikuti. Seperti letak mounting hole (lubang pengunci baut), lokasi ketersediaan slot dan konektor.
Form factor yang paling banyak digunakan pada desktop PC adalah ATX. Namun masih ada beberapa ukuran form factor lain yang juga tersedia. Beberapa di antaranya seperti micro-ATX, LPX, mini-LPX, NLX (New Low Profile eXtended), dan BTX (Balanced Technology Extended).

Definisi istilah-istilah dalam motherboard

Chipset
Chip atau chipset merupakan potongan­-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi kom­puter. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting.

Controller
Alat tambahan yang dapat mengatur operasi dari peralatan yang ada di bawah pengaturan komputer.

FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor FSB menghubungkan processor dengan memory utama. FSB digunakan untuk mengomunikasikan antara motherboard dengan komponen lainnya.

HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan (kipas) sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer.

IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk, CDROM, dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk meng­hubungkan komponen-komponen hardware.

IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CDROM, dan sebagainya, serta me-management-nya.

L1 Cache
Sejumlah kecil SRAM memory yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada processor. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada processor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa processor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memory mengambil dan menyimpan data baru.

L2 Cache
Umumnya terdiri dari chip SRAM yang terletak di dekat processor, meskipun demikian, pro­cessor Athlon generasi terbaru memiliki L2­ Cache on chip. Fungsinya sama dengan L1 Cache, L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan latency terkecil kedua (tipe memory yang pa­ling kecil latency-nya adalah L1 Cache) yang disediakan untuk microprocessor.

Northbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memori system dan bus AGP dan PCI.

PATA/ATA (Parallel Advanced Technology Attachment)
Sebuah implementasi komunikasi data secara paralel dari disk drive dengan controller berbasis IDE, dengan lebar data yang ditransfer sebesar 8-bit.

SATA (Serial ATA)
Suatu evolusi dari Paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan singel kabel dengan minimum 4 kawat dan terhubung secara point to point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.

Southbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management, dan perangkat lain. (hr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal URL, sebaris alamat Internet

Menghubungkan dua gedung

Lebih lanjut tentang Sistem Operasi