Browser-browser yang tangguh


Internet browser semakin banyak tersedia alternatifnya. Jika dulu Anda hanya mengenal Internet Explorer sebagai browser utama, maka saat ini banyak browser lain yang bisa dijadikan browser utama di PC atau laptop Anda.
Jika Anda ditanya oleh seseorang, apa Internet browser yang sering digunakan? Pasti yang kali pertama terlintas dalam benak Anda adalah Internet Explorer (IE). Hal ini wajar karena memang kebanyakan dari kita (termasuk saya) menggunakan operating system Windows, yang notabene di dalamnya sudah terintegrasi dengan Internet browser bawaan, yaitu Internet Explorer.
Jika Anda pengguna komputer awam, tentu saja akan memakan mentah-mentah apa yang diberikan oleh OS Windows tersebut. Namun jika Anda pengguna di level menengah ke atas, tentu saja Anda tahu bahwa di luar sana banyak sekali Internet browser dengan kemampuan yang tak kalah hebat, bahkan melebihi Internet Explorer itu sendiri.
Jika dikumpulkan, akan banyak sekali browser-browser yang terkumpul, dimulai dari yang “tidak jelas” hingga bowser-browser yang memiliki banyak kelebihan. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan 10 Internet browser yang kami anggap paling tangguh yang pernah dibuat. Di antaranya tentu saja 4 besar Internet browser yang saling bersaing menawarkan keunggulan masing-masing, yaitu Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan Chrome. Selain itu, beberapa web browser lainnya juga tidak kalah kelas dari keempat browser besar tersebut, seperti browser CometBird, yang mungkin baru Anda dengar namanya.

Mozilla Firefox
Saat ini, Firefox sudah bisa dijadikan sebagai browser utama untuk sistem Anda. Firefox dikenal dengan kecepatan dan keandalannya untuk hal keamanan. Firefox terbaru, yaitu versi 3.6, berkinerja dua kali lebih cepat dari Firefox versi 3.0, dan sepuluh kali lebih cepat dibandingkan Firefox 2.0. Dengan menggunakan Firefox versi 3.6, aplikasi web seperti e-mail, foto web, dan social network akan berjalan lebih cepat dan responsif.
Beberapa fitur yang dimiliki oleh Firefox 3.6, antara lain seperti private browsing, tear-off tabs, dan pengembangan bars dan pengembangan performa. Selain itu, keamanan tetap menjadi yang utama, di mana sudah diintegrasikannya teknologi anti-phishing dan anti-malware pada browser ini untuk menjaga informasi personal Anda tetap terjaga saat browsing.
Firefox memiliki 6000 lebih add-ons untuk membantu Anda meng-customize kebutuhan, baik itu chatting, coding, atau bahkan untuk kebutuhan memasak sekalipun.
Firefox 3.6 dibangun dari Mozilla Gecko 1.9.2, web rendering platform yang dikembangkan sejak tahun 2009. Ia mengalami banyak perubahan untuk web developers, add-on developers, dan user sekalipun. Versi ini juga dioptimalkan untuk dapat bekerja pada operating system device kecil seperti Maemo. Info: www.mozilla.com.

Google Chrome
Google sedang mencoba menancapkan taringnya untuk menggantikan nama besar Microsoft. Ini bisa dilihat dengan operating system miliknya, Android. Tak ketinggalan tentu adalah web browser miliknya, yaitu Google Chrome. Dengan browser ini, Anda bisa browsing lebih cepat, aman, dan mudah.
Untuk mencari sebuah situs atau Anda membutuhkan informasi, cukup ketikkan kata kunci pada address bar. Secara cepat akan muncul web pages atau informasi yang Anda inginkan sehubungan dengan kata kunci yang Anda input. Top sites yang biasa Anda kunjungi dan akses akan ditampilkan secara thumbnails. Jika Anda menginginkan akses cepat, tinggal klik saja thumbnails tersebut, dan akan terbuka di tabs yang baru.
Fitur yang akan Anda dapatkan di sini antara lain adalah web search, web history, address bar, dan suggestions completition saat Anda mengetik. Google Chrome akan memperingatkan saat Anda mengunjungi situs yang dicurigai sebagai phishing, malware, atau situs yang tidak dianggap aman oleh browser ini. Untuk melakukan bookmark terhadap suatu situs cukup mudah saja, klik tanda bintang pada bagian kanan address bar. Info: www.google.com.

Internet Explorer
Siapa sih, yang tidak mengetahui browser yang satu ini, Internet Explorer? Semua pengguna yang menggunakan operating system Windows tentu mengenal browser ini. Karena web browser ini sudah terintegrasi sejak Anda menginstal operating system Windows itu sendiri, dan pasti menjadi browser utama.
Versi terbaru dari Internet Explorer adalah versi 8. Tentunya web browser ini masih sangat nyaman digunakan, sangat friendly user. Selain mudah, pada versi terbaru ini, IE, sebutan familiarnya menawarkan pengalaman browser lebih cepat, lebih mudah, lebih pribadi, dan lebih aman dibandingkan versi-versi sebelumnya. Seperti yang sama-sama diketahui, versi lama web browser ini bisa ditembus dengan mudah, dikarenakan banyak lubang keamanan yang terbuka.
Jika ingin menampilkan web yang ditujukan untuk browser versi lama, Anda bisa menampilkannya di sini dengan cepat. Jika teks atau image yang ada tidak rata, maka cukup gunakan fitur Compatibility View dengan cara mengklik tombol yang ada pada sebelah tombol refresh pada address bar.
Fitur lain yang ada di browser bawaan Microsoft ini disebut dengan accelerators, di mana dengan fitur ini Anda bisa mengetahui driving direction, word translation, membagi penemuan Anda di web dengan teman-teman. Info: www.microsoft.com.

Opera
Web browser ini sangat terkenal dengan banyaknya fitur yang diusung. Saat ini, Opera sudah mencapai versi 11, namun kami sarankan Anda menggunakan versi 10.60 yang sudah stabil. Opera hadir dengan banyak fitur baru, tampilan yang lebih segar, kecepatan dan performa yang meningkat.
Beberapa fitur baru yang bisa Anda jumpai pada Opera 10.60, antara lain adalah Speed Dial. Fungsi ini digunakan untuk mengakses website favorit yang sering Anda kunjungi. Caranya hanya perlu membuka tab baru saja, maka Speed Dial akan aktif. Fungsi BitTorrent bisa Anda gunakan tanpa perlu menginstal aplikasi terpisah, cukup klik pada link torrent yang Anda ingin download. Content blocker, fungsinya untuk menghilangkan iklan atau images pada konten web. Improved rich text editing yang saat ini banyak digunakan oleh web application. Thumbnail previews untuk mengetahui tabs mana yang ingin Anda buka, pindahkan kursor mouse pada tab untuk memunculkan thumbnail preview.
Selain itu untuk fungsi keefektifan dalam melakukan surfing, Opera juga menawarkan beberapa fitur, di antaranya transfer manager, integrated search, dan fitur pop-up blocking. Info: www.opera.com.

Safari
Web browser ini sebenarnya diperuntukkan bagi operating system Apple Macintosh. Namun pengembang juga memberikan versi untuk Windows-nya.
Keandalan Safari adalah pada keindahaan interface-nya, kepintarannya, dan tentu saja kecepatannya. Safari bisa digunakan pada iPhone, iPod Touch, Mac, dan tentu saja PC. Dengan Safari, Anda bisa melihat previews dari website favorit dengan tidak menyentuh tombol apapun. Safari akan secara otomatis mendeteksi situs yang sering Anda browse, dan membuat rangking sendiri, kemudian akan menampilkannya pada satu page. Satu page tersebut mampu menampilkan hingga 24 thumbnails website.
Anda juga bisa meng-kustomisasi tampilannya dengan cara memindahkan situs yang Anda anggap paling penting, sehingga ketika top sites terbuka, Anda akan selalu mengetahui letak situs favorit Anda.
Beberapa fitur lain selain yang sudah disebutkan adalah didukungnya HTML5. Ini adalah web browser pertama yang mendukung teknologi ini. Selain itu, Bing search juga didukung, selain tentunya Google search dan Yahoo! Search.
Tak ketinggalan juga tentunya Safari Extensions dengan standar HTML5, CSS3, dan JavaScript, yang semuanya bisa digunakan untuk web applications. Info: www.apple.com.

Maxthon
Web browser ini adalah tabbed browser yang diciptakan untuk semua kalangan pengguna. Selain kemampuan dasar untuk browsing, ia juga memiliki berbagai macam fitur untuk meningkatkan pengalaman browsing Anda.
Banyak sekali fitur yang bisa Anda dapatkan pada browser ini. Dengan mengunakannya, Anda dipastikan akan berpikir secara tidak biasa. Beberapa fitur di antaranya adalah Anda bisa mengganti, menambah, memindahkan, dan menghilangkan toolbar, icon, menu, color, skin, dan mengubah lay-out yang ada pada Maxthon, sampai Anda anggap interface web tersebut sesuai dengan gaya Anda.
Atau Anda tidak menyukai menu, gunakan hot keys. Tidak menyukai hot keys, gunakan kata alias. Tidak menyukai kata alias, gunakan toolbar. Tidak menyukai toolbar, gunakan mouse gesture. Semua terserah selera Anda. Anda juga bisa memilih lebih dari 1,400 plug-ins untuk membuat Maxthon menjadi browser yang bisa melakukan segalanya yang diinginkan.
Masih kurang? Maxthon akan memberikan secara cuma-cuma fitur yang biasanya dijual terpisah, seperti remote conferencing, screen capture, electronic passport, dan automatic password. Semuanya terintegrasi di dalamnya. Info: www.maxthon.com.

Flock
Web browser yang satu ini dibangun menggunakan teknologi yang sama dengan yang dimiliki oleh Firefox 3. Selain memiliki fitur yang dimiliki oleh Flock itu sendiri, browser ini juga memiliki teknologi yang juga bisa dijumpai pada Firefox 3. Fitur-fitur yang ditawarkan seperti People Sidebar, di mana Anda bisa mengumpulkan teman-teman Anda dari aplikasi social network, termasuk Bebo. My World, di sini Anda bisa melihat feeds, friend updates, favourite dan foto/video updates. Media Bar, Anda bisa secara cepat menemukan dan mencari foto atau video pada favourite site.
Fitur Favorites, Anda bisa tentukan situs favorit Anda pada Flock hanya dengan satu klik saja. Anda bisa menyimpannya secara lokal atau pun menjadikan bookmark situs tersebut. Dukungan terhadap feed reader, photo uploader, pembuatan blog, webmail, dan web clipboard. Selain beberapa contoh fitur tersebut terdapat juga fitur keamananan yang tentunya sudah diintegrasikan ke dalam web browser yang satu ini.
Flock juga memiliki Themes yang bisa Anda custom, dan tentu saja ekstension untuk Flock itu sendiri. Atau Anda juga bisa menginstal ekstention dari Firefox, karena memiliki kompatibilitas dengan Flock. Info: www.flock.com.

Netscape
Web browser ini dikembangkan oleh Netscape Communication, salah satu divisi dari AOL. Setelah sebelumnya pada Netscape Browser 8 pengembangan di outsourcing-kan pada Mercurial Communication, di tahun 2004.
Netscape Navigator 9 adalah Netscape browser yang kembali dikembangkan oleh AOL sendiri sejak Netscape 7. Kembalinya nama Navigator, juga menggambarkan keseriusan pengembangan browser ini. Netscape Navigator 9 menggunakan basis dari Mozilla Firefox di mana seluruh add-ons dan plugins yang dimiliki oleh Firefox bisa digunakan pada browser ini. Beberapa fitur extensions juga dirilis oleh Netscape untuk Firefox seperti Site Mail Notifier and friends activity Sidebar, Diag Tracker, dan Netstripe yang menjadi default theme dari Netscape 9. Fitur lain yang dimiliki oleh Netscape 9 adalah URL self-correction, FTP listing interface yang lebih baik, Link Pad, dan dedicated News.
Browser ini juga mendukung multi platform, di mana bisa digunakan untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. Netscape Navigator 9 merupakan sebuah kebangkitan browser Netscape. Info: www.netscape.com.

CometBird
Web browser ini sepenuhnya adalah aplikasi gratis. Ia memiliki keamanan, kecepatan, dan berbagai fitur yang menjadikan browser ini berbeda dengan yang lainnya. Untuk versi terbarunya, ia memiliki kelebihan di performa dan privacy protection.
Kelebihan dari browser ini adalah bookmarks auto-synchronizer yang bisa membuat Anda menggunakan bookmarks collection kapan pun dan di mana pun Anda inginkan. Berbagai macam kustomisasi juga bisa Anda lakukan pada browser ini, sehingga akan menjadikannya sesuai keinginan. Keamanan dan privacy protection yang cukup baik menjadikan environment browsing yang bersih dari pop-ups atau lainnya. Password manager dan smart address bar membantu Anda mempersingkat waktu untuk mengakses webpage.
Beberapa fitur yang dimiliki oleh CometBird, antara lain adalah Online Bookmark, Online Video Download, Word Translator and Notes. Selain itu, performa menjadi yang utama dalam browser ini, di mana ia akan menggunakan tab baru ketika membuka page berbeda, untuk menghemat memory dan harddisk space. Keamanan juga masih menjadi salah satu kelebihan browser ini, di mana antivirus software, pop-up blocker, one-click clearing private data, dan anti-malware sudah terintegrasi pada CometBird. Info: www.cometbird.com.

Avant Browser
Web browser ini diklaim lebih cepat, lebih user friendly dibandingkan Opera, Firefox, dan IE. Basic pengembangan browser ini menggunakan teknologi AJAX sehingga meminimalkan kejadian frezzing atau crash. Beberapa fitur yang diusung oleh browser ini, antara lain adalah Pop-up Stopper, Flash ads filter, AutoFills, Online Profile Storage, RSS Reader, Safe Recovery, Integrated Cleaner, dan sebagainya.
Online Profile Storage digunakan untuk menyimpan user bookmark, RSS Feeds, configurations atau web password dan sebagainya pada Avant Online Storage. Di sini, user bisa mengakses personal data milik mereka dari mana pun. Autofills digunakan untuk mengingat web password, dan mengisikannya untuk user, hanya sekali klik saja. Built-in AD/Pop-up Blocker digunakan untuk menghilangkan AD banner dan pop-up yang tidak diinginkan secara otomatis, dengan hanya sekali klik saja.
Fitur Safe recovery akan bekerja ketika Avant browser tertutup dengan tidak sempurna. Seluruh web pages yang dibuka sebelumnya akan disimpan secara otomatis, dan akan terbuka otomatis ketika Anda membuka kembali browser tersebut. Info: www.avantbrowser.com. (hr)

Komentar

Posting Komentar

Mari kita budayakan berkomentar dengan baik.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal URL, sebaris alamat Internet

Menghubungkan dua gedung

Mencari informasi di dunia Wiki