FlatWire, lapisan pita tembaga


Belum habis kekaguman memandang televisi berlayar lebar dengan kecanggihan teknologi HDMI, Anda kembali dibuat terperangah: alangkah susahnya memasang televisi sebesar itu di dinding. Bagaimana tidak, sebelum memasangnya, kita harus membobol dinding, dan memasang kabel di dalamnya. Tunggu dulu! Anda tidak perlu membobol dinding, sebab untuk urusan perkabelan sudah ada FlatWire.
Untuk mengoperasikan pesawat TV, sudah barang tentu dibutuhkan aneka kabel. Katakanlah kabel power, kabel HDMI, kabel video komposit, dan kabel audio. Dengan FlatWire, kabel-kabel yang biasanya berserabutan ini bisa disembunyikan dari pandangan, tanpa harus membobol dinding.
FlatWire adalah kabel yang dirancang tipis, menyerupai pita, yang bisa ditempelkan dengan lem khusus ke dinding, kemudian ditutupi dengan cat atau material lainnya untuk menyatukannya dengan dinding agar tidak terlihat. Dengan solusi ini, Anda bisa memasang pesawat TV di dinding, tanpa harus kehilangan nilai estetika karena kabel yang berserabutan.

Lapisan pita tembaga
Terdapat beberapa tipe FIatWire. Kabel speaker dan bervoltasi rendah terlihat seperti sepasang tali tembaga yang dibungkus dalam sebuah film transparan. Produk FlatWire lainnya memiliki pita tembaga yang lebih ramping, yang dibungkus dalam film. Terdapat satu, dua, atau tiga pita tembaga yang terpisah tergantung fungsinya.
Setiap pita sebenarnya terdiri dari beberapa lapisan lembar tembaga yang disekat oleh zat perekat yang bertindak sebagai lapisan dielektrik. Disebut dielektrik karena lapisan ini tidak mengantarkan listrik, tetapi mendukung medan elektrostatik. Dengan kata lain, lapisan ini adalah insulator.
Digunakan istilah dielektrik, karena biasanya materi yang digunakan untuk menghalangi beberapa permukaan konduktif agar tidak saling bersentuhan satu sama lain adalah kapasitor. Jumlah lapisan dalam setiap pita tembaga bergantung pada fungsi yang akan dimainkan FlatWire.

Konektor FlatWire
Banyak orang yang mengajukan pertanyaan yang sama tentang FlatWire: bagaimana cara mengonekkannya dengan sumber power dan perangkat? Jika kabelnya rata, melebar, bagaimana memasangkan konektor? Jawabannya, tentu saja telah disediakan konektor khusus untuk jenis kabel ini.
Terdapat panduan khusus untuk memotong kabel speaker FlatWire yang disebut Strain Relief. Panduan ini menunjukkan di bagian mana kabel bisa dipotong. Kemudian, Anda bisa menarik film polimer ke belakang, dan mengeluarkan tembaganya. Panduan ini juga bertindak sebagai klem pada ujung FlatWire sehingga film polimer tidak akan terkelupas terus ke belakang melebihi kebutuhan.
Untuk speaker yang menggunakan colokan pisang (banana plug), tersedia konektor roller yang pas dengan ujung kabel. Kabel speaker FlatWire memiliki dua tali tembaga yang paralel, satu untuk koneksi positif, dan lainnya negatif. Anda bisa memasukkan setiap ujung kabel ke dalam adapter yang telah disediakan.
Adapter ini memiliki moncong plastik yang bisa diputar, yang memungkinkan Anda melilitkan tembaga pada pin di dalam moncong pelindung ini. Opsi lainnya untuk kabel speaker adalah boks yang bisa dipasang di tembok (wall-mountable box). Pada sisi luar boks ini terdapat jack kabel speaker dan sepasang per emas di dalamnya.
Untuk memasangkan FlatWire pada boks, Anda harus menggunakan panduan Strain Relief untuk mengupas lapisan pelindung polimer pada kabel. Lipat ujung tembaga yang keluar di atas panduan, letakkan keduanya (panduan dan tembaga) ke dalam boks, dan pastikan kabel tersebut menyentuh per emas, kemudian tutup boks tersebut.

Proses pemasangan
Rata-rata, orang bisa memasang FlatWire tanpa latihan khusus. Berikut apa-apa yang dibutuhkan untuk memasang FlatWire: spidol atau pensil, lem semprot, penyeka air dari plastik, bor atau obeng elektrik, gunting, klem (jika dibutuhkan), plester atau lakban, dempul, amplas, dan cat.
Pertama-tama, ukur jarak antara sumber power dengan perangkat yang akan dipasang. Direkomendasikan untuk melebihkan kisaran 20 cm di kedua ujung kabel. Selanjutnya, gunakan spidol atau pensil untuk menggambar jejak di dinding yang akan dilalui FlatWire.
Anda bisa menekuk FlatWire 90 derajat dengan lipatan yang sederhana. Usahakan sesedikit mungkin lipatan pada FlatWire. Jika Anda memasang kabel speaker, gunakan lem semprot untuk melekatkan FlatWire ke dinding. Urut dengan pelan FlatWire dengan penyeka plastik untuk membuang gelembung atau kerutan.
Untuk memasang boks ke tembok, gunakan bor atau obeng elektrik. Sekarang, tiba waktunya untuk memotong ujung FlatWire dengan tepat. Lanjutkan dengan memasang FlatWire ke konektor yang tersedia atau boks, dan perangkat Anda siap dicolokkan.
Terakhir, tutup kabel di dinding dengan plester. Tutup dengan dempul bila perlu, dan terakhir lapisi dengan cat. Selesai! FlatWire yang baru Anda pasang sudah tidak terlihat lagi. (hr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal URL, sebaris alamat Internet

Menghubungkan dua gedung

Lebih lanjut tentang Sistem Operasi