Memaksimalkan USB Flash Drive


USB flash drive biasanya digunakan untuk menyimpan data. Namun, ada hal lainnya yang dapat Anda lakukan dengan drive berukuran saku ini. Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan USB flash drive, selain dari menyimpan data.

Menjalankan aplikasi portabel
Selain menyimpan data, Anda dapat menjalankan aplikasi portabel dari USB flash drive. OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, menggambar, dan database, tersedia dalam bentuk aplikasi portabel. Mozilla Firefox dan Thunderbird juga tersedia dalam bentuk aplikasi portabel. Ketika Anda menggabungkan office suite dengan kemampuan untuk menjelajah web dan mengecek e-mail, Anda sudah membawa aplikasi paling penting ke manapun Anda pergi, tepat di saku Anda.
Jika itu tidak cukup, Anda dapat menginstal aplikasi lain pada USB flash drive dari PortableApps.com. Anda bahkan bisa menginstal seluruh suite aplikasi yang sudah dikemas, mencakup audio player, game, utiliti antivirus, dan sistem menu yang praktis.

Boot Operating System
Jika ingin melakukan lebih dari sekedar menjalankan aplikasi, Anda mungkin ingin mencoba untuk boot operating system dari USB flash drive. Anda dapat boot Windows atau Linux dari USB flash drive, tapi prosesnya bukanlah suatu ilmu pasti, dan Anda mungkin akan mengalami petualangan teknis. Untungnya, ada beberapa panduan yang dapat Anda ikuti.

Masuk ke jaringan wireless
Jika memiliki jaringan wireless, Anda dapat menggunakan fitur Windows Connect Now (WCN) pada Windows 7/Vista untuk menyimpan konfigurasi jaringan wireless ke USB flash drive. Anda kemudian dapat menggunakan drive untuk menghubungkan kanputer lain atau perangkat yang kompatibel dengan WCN (seperti router atau printer) ke jaringan wireless. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur Windows Connect Now, lihat Help and Support, yang dapat diakses dari menu Start.

Buat password reset disk
Password reset disk benar-benar dapat berguna jika Anda lupa password user account Anda (yang bukan merupakan bagian dari domain). Jika berada dalam situasi ini, Anda dapat menggunakan password reset disk untuk me-reset password dan menggunakan kembali ke user account Anda. Pada Windows 7/Vista, Anda dapat menggunakan USB flash drive sebagai password reset disk.

Meningkatkan performa
Jika menjalankan Windows 7/Vista, Anda dapat menggunakan USB flash drive untuk mempercepat sistem dengan teknologi ReadyBoost. ReadyBoost dapat menggunakan ruang penyimpanan pada USB flash drive sebagai memory cache tambahan untuk membantu cache memory pada harddisk Anda. Karena memory flash lebih responsif daripada harddisk yang terdiri dari bagian-bagian fisik yang bergerak, memory cache yang diberikan oleh ReadyBoost dapat meningkatkan respons sistem secara signifikan. Menggunakan ReadyBoost tidak sulit. Anda hanya perlu memasukkan USB flash drive ke komputer dan ikuti petunjuk untuk mengonfigurasi dan menggunakan ReadyBoost.

MP3 player
Apakah Anda suka mendengarkan musik ketika menggunakan komputer di kantor, tapi tidak punya MP3 player? Jika demikian, Anda dapat menggunakan USB flash drive sebagai MP3 player bersama dengan Windows Media Player dan satu set headphone. Copy saja file MP3 Anda ke USB flash drive, colokkan ke komputer, dan Windows Media Player akan langsung membuat perpustakaan lagu-lagu pada drive Anda. Anda dapat menggunakan semua fitur playback Windows Media Player, seperti playlist dan favorit. Dan yang terbaik dari semua, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai.

Melindungi dengan password
Jika Anda menggunakan USB flash drive untuk menyimpan data penting yang tidak boleh dilihat oleh orang lain, Rohos Mini Drive bisa menjaga data tersebut. Dengan tool sekuriti ini, Anda dapat membuat partisi rahasia dan kemudian mempassword/enkrip partisi tersebut, sehingga dokumen yang di-copy ke partisi tersebut akan terlindungi. Anda bisa men-download dan me-review Rohos Mini Drive di sini.

Menjalankan website
Jika Anda seorang web developer maka mungkin tertarik dengan Server2Go. Anda bisa menjalankan web server yang mendukung Apache, PHP, MySQL, dan Perl langsung dari USB flash drive. Anda bisa menggunakan Server2Go tanpa perlu instalasi apapun. Server2Go dapat digunakan pada semua versi Windows, mendukung browser populer, dan sepenuhnya free.
Bagi developer, keuntungan mempunyai Web server portabel pada USB drive sangat banyak. Sebagai contoh, Anda bisa membawa live demo website ke dalam meeting. Untuk informasi lebih lanjut tentang Server2Go, kunjungi situs Server2Go di sini.

Mengunci PC
Pernahkah Anda melihat film di mana seorang agen rahasia hanya memasukkan dan mengeluarkan kartu untuk masuk dan keluar dari PC? Jika menurut Anda itu adalah hal yang keren, maka Anda tentu ingin mencoba Predator. Setelah diinstal dan dikonfigurasi, utiliti freeware ini akan memungkinkan Anda untuk mengubah USB flash drive menjadi kunci untuk mengunci dan membuka komputer.
Ketika USB flash drive dicolokkan ke komputer, semuanya akan bekerja seperti biasa. Namun, setelah USB flash drive dicabut, komputer Anda akan dikunci. Keyboard dan mouse di-disabled dan layar diredupkan. Untuk membuka komputer, colokkan USB flash drive, komputer akan dibuka, dan Anda bisa menggunakannya kembali. Untuk informasi lebih lanjut tentang Predator atau men-download program, kunjungi situsnya di sini. (hr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal URL, sebaris alamat Internet

Menghubungkan dua gedung

Mencari informasi di dunia Wiki