Memperpanjang usia printer


Men-support printer bukanlah pekerjaan yang sensasional, tapi sedikit usaha bisa memperpanjang masa pakai printer Anda. Dengan banyaknya bagian yang bergerak dan kemungkinan terjadinya paper jam, suatu keajaiban banyak printer yang bisa bertahan sesuai harapan. Apalagi karena rata-rata support hanya menyediakan sedikit waktu untuk bekerja pada printer. Ini sayang sekali, karena biaya perbaikan bisa tinggi, dan mengganti printer sebelum waktunya merupakan tindakan mahal.

Bersihkan bagian dalam printer
Sesederhana kedengarannya, salah satu tindakan pencegahan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menjaga bagian dalam printer Anda sebersih mungkin. Debu dan kotoran bisa langsung terlihat pada waktu Anda membuka printer. Paling sedikit sekali sebulan—atau lebih jika Anda sering mencetak—gunakan semprotan angin untuk meniup debu dan kotoran dari printer.

Hindari penggunaan kertas lecek, lama, atau bekas
Kertas cacat bisa menyebabkan paper jam. Setiap kali terjadi paper jam, ada kemungkinan bagian lain bisa rusak. Untuk mencegah terjadinya paper jam dan masalah lain, gunakan selalu kertas baru yang tidak lecek, lama, atau cacat apa pun.

Gunakan kertas kualitas tinggi
Untuk menghemat pengeluaran, banyak organisasi yang membeli kertas kelas menengah ke bawah. Namun, kertas seperti ini bisa juga menyebabkan paper jam. Meskipun kertas 70 gsm sudah mencukupi untuk sebagian besar pencetakan, supaya hasilnya bagus, Anda harus menggunakan paling sedikit kertas 90 gsm.
Untuk mengetahui jenis kertas yang harus digunakan untuk printer Anda, sebagian besar pabrikan printer memberitahu standar minimum kertas. Jika kertas Anda tidak memenuhi standar tersebut, vendor tidak akan memberikan garansi sampai Anda menggunakan jenis kertas yang sesuai. Lihat dokumentasi printer Anda atau kunjungi situs web pabrikan untuk mengetahui standar kertas yang digunakan.

Jangan kibas-kibas kertas pada waktu hendak dimasukkan
Ada anggapan umum bahwa mengibas-ngibaskan kertas sebelum dimasukkan ke paper tray akan mengurangi terjadinya paper jam. Ini tidak sepenuhnya benar, dan Anda harus menghindari hal tersebut karena bisa menghasilkan arus statik di antara lembaran kertas, yang malah akan menyebabkan terjadinya paper jam. Kecuali jika printer Anda berada di tempat dengan kelembapan tinggi, Anda bisa langsung memasukkan kertas ke paper tray tanpa perlu khawatir kertas akan menempel. Printer sekarang bisa memisahkan dengan baik kertas di paper tray.

Simpan kertas di tempat dengan kelembapan rendah
Tempat dengan kelembaban tinggi bisa membuat kertas lengket, sehingga menyebabkan paper jam dan paper feed error. Ini terutama pada printer low-end yang mekanisme paper feed-nya tidak bisa memisahkan kertas di paper tray secara maksimal. Supaya kertas tidak lengket dan masuk secara bersamaan, simpan kertas di tempat yang sejuk, dengan kelembapan rendah dan letakkan printer Anda di tempat dengan kelembapan rendah.

Gunakan label kualitas tinggi
Setiap printer digunakan untuk membuat label, gunakan label kualitas tinggi. Ini bahkan lebih penting dari menggunakan kertas kualitas tinggi karena label murahan bisa benar-benar merusak printer Anda. Pada waktu label dilewatkan melalui fuser atau roller, mereka bisa lepas dari kertas tempatnya dan menempel ke permukaan pertama yang bersentuhan dengannya. Ini bisa merusak bagian printer karena Anda harus mencabut label (yang bisa jadi tidak mudah) atau terpaksa mengganti bagian tersebut. Jika yang terkena adalah fuser, biaya perbaikannya bisa mencapai beberapa ratus dolar. Label kualitas tinggi tidak mudah lepas, sehingga Anda bisa menggunakan mereka tanpa perlu merasa takut merusak printer.

Gunakan jalur selurus mungkin untuk label
Pada waktu mencetak label, sedapat mungkin hindari jalur kertas yang banyak tekukan/putaran. Sebagai contoh, gunakan feed tray manual, supaya label bisa masuk langsung ke dalam printer tanpa ditekuk. Jika printer mempunyai jalur keluar tambahan yang menghindari label melalui roller, Anda harus menggunakannya. Mengurangi jumlah roller yang dilalui label akan memperkecil kemungkinan tertariknya label dari kertas tempatnya dan menempel pada sesuatu di dalam printer.

Ganti roller tua dan rusak
Roller yang rusak merupakan penyebab lainnya terjadi paper jam. Pada waktu roller mencapai akhir masa pakainya, permukaan mereka akan mengkilat dan/atau licin sehingga kertas bisa slip. Ini bisa menyebabkan kertas tidak bisa diambil dari paper tray atau menyebabkan kertas dimasukkan secara salah.
Pada printer laser, masa pakai roller biasanya sama seperti peralatan maintenance printer. Oleh karena itu, jika Anda mengganti roller pada waktu mengganti peralatan maintenance, maka Anda tidak tidak akan mengalami banyak masalah dengan feed roller. Namun, printer tinta biasanya tidak memerlukan tune-up seperti printer laser, sehingga Anda tidak perlu mengganti feed roller secara rutin.
Biasanya pabrikan akan menawarkan peralatan yang bisa Anda gunakan untuk menggosok permukaan roller sehingga bisa mengambil kertas dengan baik. Peralatan ini mencakup bantalan penggosok yang sangat padat dan program untuk memutar feed roller di bantalan tersebut sehingga roller tergosok. Jika pabrikan printer Anda tidak menyediakan peralatan semacam itu, Anda bisa melakukannya dengan penggosok kecil. Pastikan Anda menggosok roller secara merata.

Hati-hati pada waktu mengganti spare part
Karena printer terbuat dari material yang mudah patah seperti plastik, Anda harus hati-hati pada waktu memasang atau memperbaiki mereka. Ini terutama untuk tutup dan case karena tab plastik kecil yang menahan mereka biasanya mudah pecah. Jika Anda mengalami kesulitan pada waktu memasang spare part printer, Anda harus sabar dulu dan lihat bagaimana mereka terhubung. Bisa saja Anda memasang dari arah yang salah atau mereka tidak terhubung seperti yang Anda pikirkan.

Beli manual perbaikan
Jika Anda ingin tahu lebih cara memperbaiki model printer tertentu, Anda bisa membeli manual perbaikan dari pabrikan. Manual ini berisi banyak sekali tip troubleshooting, diagram pemasangan, dan informasi perbaikan lainnya. Pada waktu memperbaiki printer, manual ini akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Bergantung kepada perbaikan yang dilakukan, Anda bisa membaca instruksi step-by-step untuk memecahkan masalah Anda. (hr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal URL, sebaris alamat Internet

Menghubungkan dua gedung

Lebih lanjut tentang Sistem Operasi